Rabu, 24 Oktober 2012

What is Bussiness Process ?

Bussiness Process


     Hi, bloggers.... :D
     Saya langsung saja yah.. Hari senin kemaren, tepatnya tanggal 22 Oktober 2012,
saya belajar tentang Proses Bisnis atau dalam bahasa Inggris disebut Bussiness Process.
Pengertian dari proses bisnis  yang saya tangkap saya catat dalam binder saya, yaitu antara lain :
  • has a goal => ada bukti dari bisnis tersebut
  • has specific input and output => memiliki fisik dari bukti tersebut
  • uses recources 
  • has a number of activities that are performed in some order => memiliki beberapa aktivitas yang telah diurutkan
  • melibatkan satu/lebih divisi
  • membuat beberapa keuntungan bagi customer

Mungkin gambarannya adalah seperti ini :


Event itu sendiri adalah sebuah pemicu dimana menjelaskan kapan proses bisnis tersebut dimulai.

Contohnya : koki tidak mungkin akan memasak di dapur jika waiters tidak membawa pesanan dari customer; atau kasir tidak akan mencetak struk jika customer tidak / belum membayar.

Lalu dari beberapa penjelasan dari Bapak Sofyan tersebut, kami pun diberikan tugas kelompok.
Tugasnya ialah menganalisis proses bisnis dari sebuah perusahaan Rental Mobil.
Pertama-tama kami menganalisis terlebih dahulu divisi mana saja yang ambil andil dalam rental car. Kemudian kami menganalisis urutan proses bisnisnya.
Di detik-detik terakhir sebelum kelas selesai, Pak Sofyan menyuruh kami untuk membuatkan diagram minimal 3 aktivitas dalam Rental Mobil. Namun sepertinya kelompok saya masih kurang mengerti bagaimana proses bisnis yang sebenarnya. Yang pasti kami akan berusaha semampunya untuk bisa memahami terlebih dahulu apa itu proses bisnis lalu menyalurkannya dalam diagram yang diminta. : > (Pak Sofyan, mohon bantuannya :D)

Sekian cuap cuap dari saya, Terimakasih sudah menyempatkan diri membacanya :D
God bless O:)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar