Senin, 03 Desember 2012

DATA MODEL [RPL]

IT'S NEVER ENOUGH ABOUT  : DATA MODEL


    Hai, bloggers...
    As you can see, judul dari blog saya kali ini ialah mengenai data model.
Data model sudah pernah diajarkan di Analisis Sistem Informasi dan kali ini di bahas lagi dalam Rekayasa Perangkat Lunak. Namun, karena pembahasan yang terus diulang tersebut dapat disimpulkan bahwa data model sangatlah penting dalam merangkai sebuah sistem, terutama sistem perangkat lunak.

    Di dalam sebuah Data Model, ada yang dinamakan Database Architecture. Database Architecture ini sendiri digambarkan seperti berikut : 

  • view 1, view 2, dan view n adalah layer yang memberikan output. View ini bisa tak terhingga tergantung dengan keoptimalan dari logical. Contoh dari view misalnya pada kasus sewa mobil, view-nya berupa registrasi, bill, laporan, bukti pengeluaran, dan lain-lain.
  • Logical adalah proses desain dari sebuah sistem. Biasanya pada logical level ini dibentuk ERD. Dan pada logical ini haruslah dioptialkan agar banyak output (view) yang dapat dihasilkan.
  • Physical adalah tentang kapasitas memori / harddisk yang mungkin akan digunakan.
    Jumat kemarin dibahas tentang ERD dari setiap kasus oleh setiap kelompok. Dan kelompok saya membuat ERD tentang sistem informasi web dari perkembangan murid di TK. Ternyata ERD yang saya buat salah dan terbilang rumit karena terlalu banyak entitas yang seharusnya tidak perlu disertakan karena merupakan sebuah output.

Berikut perbaikan dari ERD yang harusnya kami buat :

    Ternyata dalam sistem informasi ini hanya perlu ditampilkan entitas kegiatan, guru, murid, dan orang tua. Sebenarnya entitas orangtua tidak terlalu diperlukan, namun akan muncul masalah jika ada orang tua yang memiliki 3 anak yang bersekolah di TK yang sama. Jadi, dengan begitu entitas orangtua menjadi penting dan memiliki primary key berupa password karena sistem informasi yang dibuat itu berbasis web.

   Demikian hasil pembelajaran yang saya bisa tangkap dari Data Model yang telah dibahas [2 kali], saya berharap dengan diulangnya pokok bahasan ini, konsep tentang model data pun semakin dikuasai guna meminimalisir kesalahan dalam pembuatan sistem. =D



ok that's all..
thankyou for reading, , ,
GBU...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar