Rabu, 07 November 2012

DATA MODEL

DATA MODEL

   Hai, Bloggers... ! 
   Kali ini pembahasannya tentang Data Model dan sedikit menyinggung tentang Analisis Proses Bisnis : Rental Mobil yang kemarin sudah dibuatkan diagram aktivitasnya. 

   Hal pertama yang dibahas oleh Bapak Sofyan adalah tentang analisis proses bisnis dari sebuah Perusahaan Rental Mobil. Saat beliau menggambarkan flowchartnya di papan tulis, saya merasa ada yang salah dari flowchart yang kelompok saya buat. Pak Sofyan menggambarkan flowchart dari 2 diagram aktivitas yang mungkin beliau anggap salah. Berikut gambar diagram aktivitasnya yang telah dijadikan flowchart oleh Pak Sofyan :






























    Sebelumnya, flowchart Peminjaman tidak disertai dengan cetak laporan disebabkan oleh kesalahan Pak Sofyan yang lupa menaruhnya. Jadi, tadi Pak Sofyan memberikan pertanyaan tentang apakah yang kurang dari flowchartnya dan yang bisa menjawabnya diberikan bonus poin... Saya sempat ingin menjawabnya, namun saya malah bertanya pada teman sebangku saya, tidak lama kemudian ada teman saya yang menjawabnya dan berhasil mendapatkan poin. (Y________Y... nyesalku tidak jawab tadi..Tapi ya sudahlah... memang saya yang salah karena tidak langsung berbicara pada Pak Sofyan). 

   Kembali ke topik...
   Setelah Pak Sofyan selesai menggambarkan Flowchartnya, beliau pun lanjut membahas tentang Data Model. Apa itu Data Model ? Berdasarkan yang dijawab oleh teman saya, Data Model itu ialah sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antar data, dan batasan-batasan data yang terintegrasi di dalam sebuah organisasi. (entahlah sumbernya darimana, saya hanya mencatat kembali apa yang teman saya jawab). Lalu kemudian ada lagi satu jawaban tapi tidak sempat saya catat. Dari kedua jawaban yang ada, Pak Sofyan pun "meluruskan" pengertian Data Model.
    Data Model ialah suatu representasi dari struktur data yang meliputi tipe, hubungan, data constraints (apa itu data constraints??? nd kudengarki), dan operasi dasar (retrieval, storage, query).
    
    Contoh data model :
  • Entity Relationship Model
  • Relational Model
  • Object-Oriented Model
    Saya mendengarkan penjelasan dari contoh data model, bahwa untuk membuat sebuah ER model, harus tahu konsep data. Nah, jika bicara tentang data, berarti meliputi objek, entitas, dan atribut, serta relationships. Dari penjelasan tersebut, Pak Sofyan pun memperlihatkan ilustrasi dari hubungan antara objek (entitas), atributes, dan relationships. 
 Ilustrasi

   dari pembahasan tersebut kemudian ada disebut tentang Modality dan Cardinality.. Saya masih kurang mengerti apa yang dimaksud dengan Modality dan Cardinality. Mungkin di pertemuan selanjutnya saya harap Pak Sofyan bisa menjelaskannya pada kami semua.. hehe :D

Ok, demikian cuap cuap dari saya..
thankyou for reading this blog..
GOD bless :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar