Rabu, 30 Januari 2013

THE LAST POST [2]

~... REFLEKSI ...~

Hai again Bloggers...
Kali ini mungkin jadi posting-an terakhir untuk mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak... Karena mata kuliah nya udah selesai... (hiks hiks hiks...)... Tapi bukan kesedihan yang mau dibahas kali ini..
Okay... Di awal mata kuliah ini saya sempat bingung membedakan antara analisis sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak... Karena bahan pelajaran yang diajarkan memang tidak jauh berbeda.

    Di analisis sistem informasi ada dibahas tentang proses bisnis, di rekayasa perangkat lunak juga. Namun yang membedakan adalah kasusnya. Pada perkuliahan Analisis Proses Bisnis dibahas tentang Proses Bisnis sebuah Rental Mobil untuk setiap kelompok, nah untuk mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak berbeda tiap kelompok. Seperti kelompok saya mendapatkan kasus tentang Perkembangan Murid Tk.
   Sistem pengajarannya sama dengan Analisis Sistem Informasi, dimana mahasiswa dipatutkan untuk membuat sebuah kelompok, lalu membahas proses bisnis tersebut bersama-sama untuk membuat sebuah sistem informasi sesuai dengan kasus masing-masing. Setelah itu barulah digambarkan di atas kertas Flip-Chart.
   Tidak bisa saya pungkiri, bahwa pembahasan mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak yang menyangkut Proses Bisnis, Model Data, Functional Partitioning, Architecture System, DFD, State Transition Diagram, dan User Interface dibahas dengan tuntas dan cukup menarik karena membuat kita tau bagaimana seharusnya sebuah sistem informasi itu dibuat. Pada awal pembuatan proses bisnis dari kasus yang diberikan, belum saya ketahui bahwa ternyata, saat membuat proses bisnis sebuah sistem informasi, haruslah diketahui dengan benar seluk-beluknya sehingga dapat disangkut-pautkan dengan yang lainnya. Di akhir mata kuliah dibahas tentang User Interface, dan barulah saya mengerti bahwa semuanya itu berkaitan dan harus efisien.

So..what I'm actually saying is, this subject is "complicated but also fun."
Terimakasih banyak untuk Pak Sofyan yang telah mengajar kami dengan kesabaran dan saya acungi jempol atas kedisiplinan yang Bapak terapkan secara tidak langsung kepada kami. [Gamsahamnida ... :D ]

Sekian cuap-cuap kali ini...
Thanks for reading..
God Bless us all O:-]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar