Rabu, 31 Oktober 2012

ANALISIS PROSES BISNIS : RENTAL MOBIL [2]

ANALISIS PROSES BISNIS : RENTAL MOBIL

  Hai, Bloggers...
  Pembahasan kali ini ialah tentang diskusi kelompok pada hari senin kemarin, tanggal 29 oktober 2012.
  Minggu lalu Pak Sofyan menyuruh kami untuk membuat diagram aktivitas dari Rental Mobil, dan pada senin kemarin dibahas lah semuanya.
  Setelah menempelkan semua tugas kami di dinding kelas, Pak Sofyan pun mengacak penjaga stand dengan memberikan nomor pada tiap orang di kelompok kami. dan nomor yang beruntung adalah nomor 3. 
  Sisanya yang tidak menjaga stand ditugaskan untuk mendatangi stand kelompok lain dan memberikan saran serta mencatat hal penting yang berguna bagi kelompok dari penjaga stand.

  Stand pertama yang saya datangi adalah stand kelompok Milgevia. saya sudah lupa siapa nama-nama kelompoknya namun dari diagram aktivitas yang kelompoknya buat, saya mencatat beberapa hal penting yang mungkin harus saya tambahkan di kelompok saya :

  • adanya diagram aktivitas penambahan unit, pemeliharaan mobil, dan penggajian supir
  • diagram aktivitas rental mobil yang kelompok saya buat hanya terdiri dari 3 diagram, sedangkan Milgevia punya 8, disebabkan oleh pembagian diagram yang banyak, salah satunya adalah diagram Rental Mobil dan penyewaan supirnya harus dipisah
  • di bagian aktivitas pemeliharaan mobil harus mendapat persetujuan perbaikan dari pimpinan
  Namun ada kekurangan dari diagram kelompok Milgevia . Karena ia menggunakan banyak sekali diagram aktivitas sehingga terlihat sangat ribet walaupun karena dipisah jadi lebih singkat diagramnya namun karena terlalu banyak jadi memusingkan juga.

  Stand selanjutnya yang saya kunjungi adalah stand kelompok Tommy Liong. Sebenarnya diagram aktivitas yang kelompoknya buat lebih kompleks namun, kurang lengkap sehingga saya hanya memberikan masukan pada kelompoknya dan tidak mendapatkan feedback yang berarti.
  Stand yang ke-3, yaitu stand terakhir yang saya kunjungi karena berhubung waktu telah habis ialah stand kelompok dari Tommy Welang. Diagram aktivitas yang dia buat sungguh sangat sederhana karena semua divisi dijelaskan tugasnya hanya dalam satu diagram saja. Mulai dari aktivitas penyewaan, aktivitas pemeliharaan, aktivitas pengembalian mobil.Jadi lebih banyak saya memberikan masukan daripada memperoleh informasi.

  Dari diskusi kelompok yang kami lakukan kemarin di hari senin, dapat disimpulkan bahwa untuk menganalisis proses bisnis dari sebuah perusahaan, dibutuhkan analisis pembagian divisi yang ada dari perusahaan tersebut, kemudian jabarkan tugasnya masing-masing lalu hubungkanlah semua tugas-tugasnya menjadi sebuah diagram untuk lebih dipahami proses bisnisnya.

  Untuk lebih lanjutnya, saya ingin mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan oleh pemimpin perusahaan. Karena dari stand-stand yang kemarin saya kunjungi, sebagian besar tugas dari pemimpin hanyalah "menyetujui" saja. Dan yang paling singkatnya, di kelompok Tommy Liong, dijelaskan bahwa pemimpin perusahaan hanya bertugas untuk "menerima" dan "memberi"  uang.

  Di akhir pertemuan pada senin kemarin, Pak Sofyan memberikan tugas untuk membuat flowchart dari diagram aktivitas yang telah kami buat. Saya masih belum mengerti apa fungsi-fungsi dari bagan yang ada. Tapi tenang saja, adaji internet. hahahahaha... :D

okay, sekian cuap cuap dari saya.
terimakasih sudah membaca blog saya
God bless ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar